5.28.2014

TERNAK BELATUNG

Cara Ternak Belatung
Cara ternak belatung cukup mudah, hanya perlu menyiapkan bak atau ember besar yang biasa dipakai untuk mencuci baju, plastik hitam, dan tali rafia. Lalu siapkan juga bahan yaitu bekatul, air dan daun pisang kering. Teknik beternak belatung menggunakan bahan diatas adalah pertama melubangi dulu ember, kecil saja kira-kira 1-2 cm. Buat lubang yang teratur, tidak terlalu rapat dan jangan juga terlalu jarang. Setelah dilubangi, bak dicuci hingga bersih atau disiram air panas supaya bakteri yang tidak akan dibutuhkan tidak muncul. Bekatul kemudian dimasukkan dalam ember, lalu masukkan air tapi jangan diaduk (dicampur), biarkan mengendap. Tutup dengan daun pisang kering diatasnya, untuk media telur lalat. Lalu rapatkan bak dengan plastik atau aluminium foil supaya fermentasinya cepat, lindungi juga dari hujan. Panen siap dalam dua minggu. Cara beternak belatung tidak butuh waktu lama.
Cara Budidaya Belatung dengan Ampas Tahu
Cara budidaya belatung bisa juga memakai teknik budidaya belatung menggunakan ampas tahu dan ikan asin.  Anda hanya perlu mencampur ampas tahu dengan ikan asin, masukkan dalam wadah lalu biarkan terbuka, supaya didatangi lalat. Wadah yang disiapkan sebaiknya agak tinggi supaya banyak panennya, karna belatung pada umumnya Cuma ada di permukaan saja. Sesederhana itu, dan dalam waktu 1-2 minggu sudah bisa panen.
Cara Beternak Belatung dengan Pelepah Daun Pisang
Belatung yang digunakan untuk pakan bibit lele atau jenis ikan lainnya dihasilkan dari proses fermentasi. Bahan yang digunakan banyak macamnya, salah satunya dengan pelepah pisang yang sudah busuk, dicacah sampai lembut, lalu larutkan gula merah ¼ kg dalam air bekas cucian beras 5 liter. Pelepah tadi dimasukkan dalam air campuran, diremas dan diperas. Lalu air disaring, masukkan ke jerigen, dalam waktu 3 hari harus dikontrol, buang busanya.dalam waktu seminggu biasanya kalau tercium bau seperti tape, maka proses fermentasi berhasil, dan seminggu kemudian belatung siap dipanen.
Fermentasi
Cara lain dari pembuatan belatung bisa menggunakan media kompos dan masih banyak lagi. Intinya adalah fermentasi. Pemeliharaan ikan dalam jumlah yang besar tentunya juga membutuhkan pakan yang banyak. Untuk skala besar penting memproses jauh hari sebelumnya, agar setiap hari bisa panen, maka produksi juga harus dilakukan setiap hari. Pada prinsipnya adalah fermentasi, karena kandungan C organik dan N organik akan mengalami kenaikan sampai dua kali lipat. Banyak media dan cara fermentasi, silahkan pilih yang paling baik dan mudah untuk Anda, dengan bahan yang mudah Anda dapatkan disekitar Anda.
Pengalaman yg gampang bikin belatung yang pernah saya coba :
Bahan :
Ember/drum apa sajalah sesuai yg ada sj
Ampas tahu / kedelai 60 kg
Bubuk ikan asin 10 kg
Kotoran ayam 30 kg

Cara buat :
1.      Caranya masukkan ampas tahu sebagai bahan utama kedalam ember, lalu tambahkan air bersih dan aduk hingga rata.
2.      Kemudian tambahkan ikan asin dan kotoran ayam, lalu tutup permukaannya dengan daun pisang kering agar lalat black soldier fly mau bertelur.
3.      Tempatkan ember ditempat teduh dan terlindung dari air hujan
4.      Setelah kira-kira 2-3 minggu atau bisa saja kurang dari itu, belatung sudah siap dipanen.
5.      Caranya campurkan air pada media kultur, lalu saring untuk memisahkan media kultur dari belatung. Belatung siap diberikan sebagai pakan lele. Untuk bahan baku media kultur sebanyak 100 kg kira-kira akan dihasilkan belatung 60 -70 kg.

Perhatikan, jangan menyimpan belatung segar terlalu lama karena bisa berubah menjadi lalat. Malah jadi ternak lalat ntar hehehehe

No comments:

Post a Comment